CONTOH PENGALAMAN YANG MENGESANKAN BAHASA INDONESIA - Bayuajuzt
Headlines News :
Home » » CONTOH PENGALAMAN YANG MENGESANKAN BAHASA INDONESIA

CONTOH PENGALAMAN YANG MENGESANKAN BAHASA INDONESIA

Written By Bayu ajuzt on Sabtu, 19 Mei 2012 | 07.24


frenssss, ketemu lagi sama saya KETUT BAYU PARWATA,,, saya akan selalu berusaha menyajikan informasi-informasi yang menarik, dan pastinya bermanfaat bagi kalian, dan u gx usah kwatir atau gx pecaya ma mterinya.... sebab saya membuat postingan hanya dari buku-buku sumber yang sudah paten dan baku atau yang dapat dipercaya kesahan.nya...... jadi gx mungkin sampe nyamplirrrr.......

kali ini saya akan menyajikan contoh pengalaman yang mengesankan, tu pelajaran bhs. indonesia... ini dia frenss....

Nama  : Ketut Bayu Parwata
Kls        : XI 2
No        : 09


Tema        : Ikut Dalam Panitia Pelatihan Dan Pelantikan PKS Sma/Smk
Tujuan   : Untuk melatih kedisiplinan PKS dan dapat mengetahui          lebih banyak lagi tentang PKS
Kerangka   
Karangan : - Persiapan sebelum kegiatan pelatihan dan pelantikan PKS:
    Saya mengikuti rapat persiapan dalam 3 kali pertemuan yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Seririt
-   Pelantikan Panitian PKS :
Pada saat pelantikan ini, saya tidak dapat hadir karena pada waktu itu saya diganti oleh salah seorang teman.
-   Kegiatan Pelatihan Pks :
Saya dan panitia yang lain melatih peserta PKs yang diselenggarakan di 3 sekolah berbeda.
-   Kegiatan Pelantikan Pks :
Saat Pelantikan Pks di Kapolsek seririt, saya harus bangun pagi-pagi sekali sekitar jam 3 pagi.

          Sebelum kegiatan  pelatihan dan pelantikan pks diselenggarakan, saya mengikuti rapat persiapan yang diadakan 3 kali di Sma N 1 Seririt. Saat rapat disusunlah organisasi kepanitiaan , saya ditempatkan di seksi p3k, mungkin karena saya bersekolah di Smk Kesehatan , jadi cocok ditempatkan disana.
          Setelah rapat yang ketiga diselenggarakan, di lanjutkan dengan pelantikan panitia oleh tenaga kepolisian. Namun pada waktu itu saya tidak bisa mengikutinya, karena saya diganti oleh salah seorang teman saya.
          Akhirnya kegiatan pelatihan pks dimulai, kegiatan pelatihan pada hari pertama diselenggarakan di Sma N 1 Seririt. Saya sebagai panitia hadir 30 menit sebelum kegiatan dimulai.  Kemudian terdengarlah salah seorang panitia mengumumkan dengan menggunakan megaphone agar seluruh panitia berkumpul disumber suara. Saya bergegas untuk berkumpul. Saat itulah dibagikan kartu panitia. Dan saya pun memakai kartu tersebut.
          Pada hari pertama ini kegiatannya adalah upacara penyematan identitas peserta Pks setelah itu dilakasanakan PBB. Saat itulah pertama kalinya saya melihat ketegasan, kedisiplinan dari panitia untuk membimbing peserta. Kesalahan sekecil apapun yg dilakukan peserta akan di perhatikan , dan dibimbing agar benar. Saya pada waktu itu berada dibelakang barisan peserta, melihat apa adakah peserta yang sakit. Agar tidak sampai jatuh.
          Jujur pada waktu saya merasa canggung untuk bisa berbaur dengan panitia yang lain, karena baru pertama kalinya saya mengikuti kegiatan seperti ini. Namun sikap terbuka rekan-rekan dipanitia yang menerima saya  membuat saya sedikit lega. Kegiatan Pelatihan pada hari kedua dilaksanakan di Sma N 2 Banjar, dan pada hari ketiga dilaksanakan di Sma Saraswati Seririt.
          Pada hari ketiga sebelum kegiatan selesai, panitia sibuk membuka surat benci dan surat cinta yang dibuat oleh peserta, karena sebelumnya peserta disuruh untuk membuat surat tersebut. Saat itu saya  berada diruang pks saraswati, merawat peserta yang sakit. Kemudian datang salah seorang teman dipanitia membawa sepucuk surat, surat itu ditujukan kepada saya , ternyata isinya surat cinta, namun anehnya surat tersebut dibuat oleh seorang anak laki-laki. Hal tersebut membuat teman-teman panitia yang lain tertawa, karena begitu aneh. Tapi saya tidak ambil pusing saya masukkan surat itu ke saku baju saya. Dalam hati saya berpikir aneh banget, kok ngirim surat cinta kesesama cowok.
          Singkat cerita , kegiatan pelatihan pks telah selesai, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan pelantikan pks yang diselenggarakan di kapolsek Seririt, dan dilantik langsung oleh tenaga kepolisian. Kegiatan ini dimulai cukup pagi, yaitu jam setengah 6 pagi, dan saya sebagai panitia diharuskan untuk hadir  jam setengah 5 pagi.  Jadi saya harus berusaha untuk bangun pagi-pagi sekali, agar tidak terlambat.
          Sehari sebelum kegiatan dimulai, pada malam harinya saya mempersiapkan segala perlengkapan untuk dibawa besok, tak lupa saya menyetel alarm tepat jam 3 pagi. Kemudian saya pergi tidur. Hingga jam 3 pagi alarm berbunyi saya mencoba bangun, sebenarnya mata saya sangat berat untuk terbuka, karena memang sebelumnya saya tak pernah bangun jam segini. Tapi saya harus bangun. Dengan suasana yang hening saya pergi untuk mandi, saat air mengguyur  tubuh saya , terasa suhu dingin menusuk kulit saya. Dingin sekali. Setelah mandi saya siap-siap untuk berangkat, sekitar jam 4 pagi.
          Tibalah saya ditujuan, dan panitia yang lain pun telah hadir. Sekitar jam setengah 6 pagi kegiatan pun segera dimulai. Dilakukan pengecekan peralatan peserta pks di suasana yang masih gelap, yang diterangi  sedikit sinar dari senter yang dibawa oleh sebagian panitia. Saya pun ikut untuk mengecek perlengkapan peserta.
          Sekitar jam 8 pagi diadakan upacara yang diikuti oleh tenaga kepolisian. Saat itulah banyak peserta yang sakit, saya dan kedua teman saya diseksi p3k sibuk mengurus dan mengobati peserta yang sakit. Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan PBB, saat itu perut saya sangatlah lapar, karena belum dapat sarapan dirumah. Namun saya harus kuat menahan rasa lapar, dan tetap semangat membimbing peserta pks. Karena saya juga tahu banyak panitia yang lain juga merasa lapar, dan mereka tetap melaksanakan tugas.
          Singkat cerita, hari kedua pelantikan pks telah dilalui dan sampailah dipenghujung kegiatan. Saat itu ada sesuatu hal yang terjadi. Tiba-tiba saja ada panitia yang bertengkar, sampai ada yang baku hantam. Kursi-kursi berantakan. Ada juga panitia yang menangis histeris. Saat itu saya hanya berusaha melerai. Kejadian tersebut terajdi di depan peserta. Namun  peserta hanya terdiam, ada juga peserta yang menangis. Dan itu hanya sebuah drama yang dipersiapkan sebelumnya untuk memberikan peserta shock tearapi. Drama itu pun berhasil.
          Dan pada akhirnya semua kegiatan telah usai, peserta pun telah pulang. Kami dipanitia sibuk membereskan segala perlengkapan yang digunakan selama kegiatan untuk dikembalikan kesekolah masing-masing. Saat itu perasaan saya lega karena kegiatannya telah berakhir, namun juga ada sedikit perasaan sedih , karena harus berpisah dengan teman-teman panitia yang diajak berasama-sama selam 6 hari. 

seperti itu sob,, contohnya... kalau misalnya disuruh buat tugas pengalaman yang mengesankan,,,,,, moga bermanfaat sobbbb.. terimakasih..
         
  

Share this article :

2 komentar:

Masukkan Komentarmu dibawah, Jika Komentar sudah terlalu banyak, untuk melihat komentar terakhir KLIK MUAT YANG LAIN... Yang ada dibagian paling bawah

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Bayuajuzt - All Rights Reserved
Template Edited by Bayuajuzt Published by Bayuajuzt Blog