ILMU KEPERAWATAN-MATERI KATERISASI JANTUNG - Bayuajuzt
Headlines News :
Home » » ILMU KEPERAWATAN-MATERI KATERISASI JANTUNG

ILMU KEPERAWATAN-MATERI KATERISASI JANTUNG

Written By Bayu ajuzt on Sabtu, 14 Juli 2012 | 15.45


Kateterisasi Jantung. bayuajuzt.blogspot.com Pemeriksaan jantung invasif salah satunya adalah dengan melakukan tindakan kateterisasi jantung ini. Tindakan medis Angiografi Koroner / Kateterisasi Jantung ini sudah tersedia di Rumah Sakit yang besar dan juga rumah sakit yang memiliki laboratorium kateterisasi jantung dan juga mempunyai fasilitas yang seringkali di sebut dengan Cardiac Center ( Pusat Pelayanan Jantung Terpadu ).

Kateterisasi jantung adalah merupakan prosedur diagnostik untuk melihat kelainan jantung, meliputi dari kelainan anatomi jantung, penyempitan / sumbatan pembuluh darah koroner, gangguan fungsi jantung dan
bayuajuzt.blogspot.com sebagainya. Demikian yang dimaksud dengan pengertian kateterisasi jantung / angiografi koroner.
kateterisasi jantung, angiografi koroner, pemeriksaan jantung invasif, Blog Keperawatan

Dalam dua medis kita mengenal akan dua jenis kateterisasi jantung yaitu :

1.      Kateterisasi jantung koroner. Pemeriksaan jantung invasif ini mempunyai tujuan untuk pemeriksaan pembuluh darah koroner yang fungsi dari pembuluh darah koroner bayuajuzt.blogspot.com tersebut adalah untuk memperdarahi jantung. Biasanya pemeriksaan kateterisasi jantung ini seringkali dilakukan pada pasien dengan keluhan nyeri dada yang khas, Pasien UAP (Unstable Angina Pektoris), dan juga pasien jantung koroner.
2.    Penyadapan Jantung. Kateterisasi jantung jenis penyadapan jantung ini adalah jenis pemeriksaan jantung invasif yang bertujuan untuk mengetahui tekanan dan kandungan oksigen (saturasi) dalam bayuajuzt.blogspot.com ruang-ruang jantung. Biasanya dilakukan pada pasien yang menderita penyakit jantung bawaan seperti ASD, VSD dan sejenisnya.
Dalam setiap pelaksanaan diagnostik medis tentunya ada persiapan sebelumnya. Beberapa persiapan yang dilakukan sebelum dilakukan tindakan kateterisasi jantung ini adalah :

1.    Pemeriksaan laboratorium ( pemeriksaan darah ).
2.    Pemeriksaan perekaman EKG.
3.    Uji latih beban (Treadmill).
4.    Foto dada ( Rontgen Dada ).
5.    Puasa makan ( Tahan Makan )4 - 6 jam sebelum tindakan, minum obat 
       seperti biasa.
6.    Mendapat penjelasan tentang prosedur tindakan kateterisasi jantung.
7.    Diminta untuk menandatangi persetujuan tindakan (inform consent)
8.    Dicukur pada daerah mana kateter akan dimasukkan.
9.    Dipasang infus di lengan / tungkai kiri.

Prosedur tindakan kateterisasi jantung. Bila bayuajuzt.blogspot.com orang yang awam tentunya belum mengerti akan tindakan kateterisasi jantung ini. Bahkan seringkali pasien yang akan dilakukan pemeriksaanangiografi koroner ini. Untuk itulah perlunya inform consent (persetujuan tindakan) dan juga penjelasan tindakan kateterisasi ini dari pihak medis kepada pasiennya.


Prosedur tindakan kateterisasi jantung ini adalah merupakan tindakan invsif jantung yang menggunakan anestesi lokal. Anestesi lokal ini diberikan
bayuajuzt.blogspot.com pada daerah yang akan dilakukan penusukan kateter jantung tersebut. Tempat pembuluh darah yang dilakukan pada pemeriksaan angografi koroner ini adalah dilakukan di arteri radialis atau pun arteri femoralis.

Setelah anastesi lokal, dilakukan pemasangan selongsong (sheath) pada pembuluh darah di tangan atau kaki (arteri femoralis / arteri radialis) agar kateter dapat dimasukkan ke dalam pembuluh darah. Dengan kateter khusus tersebut akan dimasukkan sampai ke jantung ataupun pembuluh koroner jantung, dan pasien tidak akan merasakan
bayuajuzt.blogspot.com sakit. Setelah sampai pada pembuluh koroner jantung, maka zat kontras akan diinjeksikan ke dalam koroner jantung dan dilihat dengan menggunakan fluroskopi sinar x-ray. Tabung x-ray ini dapat dirubah pada berbagai posisi sehingga memberikan gambaran yang baik mengenai pembuluh koroner jantung.


Dari hasil pemeriksaan kateterisasi jantung ini maka akan ditemukan adakah penyempitan pembuluh darah koroner atau tidak. Bila dalam hasilnya ditemukan adanya
bayuajuzt.blogspot.com penyumbatan atau pun penyempitan pembuluh darah maka ada tindakan selanjutnya apakah itu dengan pemasangan cincin jantung (stent jantung) atau tindakan operasi bedah jantung ( CABG ). Bila ditemukan hasil normal (normal koroner) tentunya tindakan selanjutnya seperti PCI dengan atau tanpa stent atau bahkan oprasi bedah jantung tidak dilaksanakan.

Dibaca juga ea postingan bayuajuzt.blogspot.com sebelumnya tentang  ABORSI Klik Judul untuk mengunjunginya.!


Demikian tadi sahabat sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan prosedur tindakan invasif jantung yang disebut dengan kateterisasi jantung dan semoga dengan hal ini bisa berguna serta dapat memberikan manfaat. Untuk selanjutnya akan diposting mengenai keterisasi jantung ini ditinjau dari segi keperawatan yaitu mengenai askep kateterisasi jantung dan semoga bisa berguna serta bermanfaat.


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Bayuajuzt - All Rights Reserved
Template Edited by Bayuajuzt Published by Bayuajuzt Blog